Selasa, 17 September 2024
spot_imgspot_img
spot_img

Related Posts

Bapenda Capai target 3M Selama Pergelaran f8 2024 Berlangsung

MAKASSAR, — Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kota Makassar ikut serta dalam meramaikan F8 2024 yang berlangsung selama 5 hari mulai tanggal 24-28 Juli 2024 dan bertempat di Pusat Keramaian Kota Makassar, yaitu Pantai Losari dan CPI. Bapenda mencatat nilai ransaksi warga yang membayar pajak bumi dan bangunan (PBB) mencapai Rp 3,073 Milyar selama lima hari membuka layanan pembayaran PBB di Makassar Internasional Eight Festival atau F8 Makassar tahun 2024.

Makassar International Eight Festival and Forum dibuka oleh Bapak Wali Kota Makassar, Moh. Ramdhan Pomanto beserta PJ Gubernur Sulawesi Selatan Prof Zudan Arif Fakhrulloh dan Perwakilan dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. Adapun atraksi Pesawat Tempur di atas Panggung Utama oleh TNI Angkatan Udara Lanud Sultan Hasanuddin dan Penampilan Tari Harmoni yang melibatkan 400 siswa siswi SMP se-Kota Makassar.

Kepala Bapenda Kota Makassar, Firman Hamid Pagarra mengatakan angka ini melampaui target Rp 3 Milyar.  Hal ini menandakan kehadiran booth Bapenda yang melayani pembayaran pajak membuahkan hasil yang maksimal.

“Jadi selama pagelaran F8 2024 ini kita targetkan Rp 3 M dan realisasinya melebihi target Rp 3,078 Milyar. Ini membuktikan bahwa masyarakat kota Makassar memiliki tingkat partisipasi yang sangat tinggi dalam membayar PBB terbukti 5 hari bisa capai target,” ujar Firman.

Firman mengungkapkan realisasi ini meningkat jika dibandingkan dengan F8 tahun lalu yang mencapai Rp 2,1 Milyar. Ia pun merinci, pendapatan PBB Pokok sebesar Rp2,9 Miliar. Denda sebesar Rp84 juta. Total surat tanda terima setoran (STTS) sebanyak 3.884.

“Hari ketiga menjadi pemasukan terbanyak sebesar Rp1,5 Miliar. Itu mencakup 129 kelurahan,” jelasnya.

Tak lupa juga, ia berterima kasih ke Bank Indonesia berkat kerja sama yang menyediakan minyak 1 liter bagi mereka yang membayar PBB menggunakan Qris selama F8 berlangsung.

“Bank Indonesia sangat mensupport kami. Ini menjadi salah satu langkah untuk mencapai target kami. Jadi masyarakat ke F8 bukan hanya menikmati musik dan jajanan tapi bisa juga sekaligus membayar PBB,” pungkasnya.