Monday, July 15, 2024
spot_imgspot_img
spot_img

Related Posts

Genjot Digitalisasi Daerah, Bapenda hadiri Rapat Monitoring dan Evaluasi Implementasi ETPD Kota Makassar

Selasa (21/03/2023). Demi menggenjot Digitalisasi Daerah, Badan Pendapatan Daerah Kota Makassar menghadiri Rapat Monitoring dan Evaluasi Implementasi Elektronifikasi Transaksi Pemerintah Daerah (ETPD) Kota Makassar yang dilaksanakan di Ruang Sipakalebbi Kantor Walikota Makassar.

Dipimpin oleh Asisten III Pemerintah Kota Makassar Muh. Mario Said, didampingi Sekretaris Badan Pendapatan Daerah, Muh. Fuad Arfandi, bersama Bank Indonesia Perwakilan Provinsi Sulsel, Bank SulSelBar dan dihadiri SKPD Pengelola Pendapatan membahas terkait penerapan digitalisasi pembayaran Pajak dan Retribusi pada SKPD Pengelola Pendapatan agar semakin optimal pada Tahun 2023 ini.

Implementasi ETPD diharapkan tidak hanya terbatas dalam transaksi pembayaran pajak dan distribusi daerah semata, namun juga diharapkan mampu mendongkrak transaksi ekonomi lainnya dan merubah transaksi pendapatan dan belanja daerah yang selama ini menggunakan cara tunai menjadi non tunai (digital) sehingga mengurangi kebocoran dari sisi pendapatan dan meningkatkan efektifitas pada sistem belanja daerah.

Pada tahun 2022 Pemerintah Kota Makassar mendapatkan Penghargaan Tim Percepatan dan Perluasan Digitalisasi Daerah (TP2DD) Terbaik Kawasan Timur Indonesia, oleh karena itu pada Tahun 2023 ini menjadi tantangan tersendiri bagi Pemerintah Kota Makassar untuk mempertahankan prestasi tersebut dengan dukungan dan sinergi bersama Bank Indonesia Perwakilan Provinsi Sulawesi Selatan dan Bank Sulselbar selaku Bank RKUD. (NN)