Monday, July 15, 2024
spot_imgspot_img
spot_img

Related Posts

Rakorsus 2024, Bapenda Paparkan Hasil Capaian Realisasi Pendapatan Daerah Kota Makassar

Makassar –  Badan Pendapatan Daerah Kota Makassar bersama Pejabat Struktural Lingkup Bapenda Kota Makassar menghadiri Rapat Koordinasi Khusus (RAKORSUS) 2024 dengan tema “Low Carbon City dengan Metaverse”, Bertempat di Fourpoint By Sheraton pada Senin malam (26/02).

Diikuti oleh para akademisi, praktisi ,seluruh SKPD dan BUMD dalam lingkup pemerintah Kota Makassar, serta sejumlah pembicara dari dalam negeri hingga luar negeri seperti dari Amerika Serikat, Singapura, Australia dan China.

Rakorsus kali ini mengangkat tema “Low Carbon dengan Metaverse” yang menjadi fokus Pemerintah Kota Makassar dalam menggenjot low carbon di Kota Makassar.

Pada kesempatannya, Sekretaris Badan Pendapatan Daerah Kota Makasar Muh. Fuad Arfandi menyampaikan hasil capaian Realisasi Pendapatan Asli Daerah Kota Makassar sejak tahun 2014 s.d 2023 terus meningkat dan menembus Rp1,5 Triliun pada tahun 2023 dan menjadi capaian tertinggi di masa kepemimpinan Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan Pomanto.

“Adapun pertumbuhan penggunaan melalui kanal digital berupa Qris dan E-Commerce pada pajak daerah sebesar 269,24%, sementara penggunaan aplikasi pajak daerah Aplikasi Pakinta sebesar 139.52%”, ungkapnya.
Khusus untuk pajak saja, lanjut dia, PAD yang berhasil dicapai sebesar Rp 1,170 triliun, sementara sisanya didapat dari retribusi daerah.

Sekretaris Bapenda Kota Makassar juga memaparkan perkembangan peningkatan pengawasan dan penindakan, yang berupa pemasangan CCTV, Optimalisasi penggunaan alat rekam transaksi online (TMD & Mpost), serta penindakan kepada wajib pajak yang menunggak atau yang memiliki piutang pajak.

Badan Pendapatan Daerah Kota Makassar juga berkomitmen dalam menerapkan Low Carbon City dengan meningkatnya PAD, pemberian insentif berupa motor listrik kepada Lurah yang berhasil mencapai kinerja pembayaran PBB pada tahun 2024.